Belanda Hasilkan €1,2 Miliar Dari Lelang Spektrum 5G

Belanda Hasilkan €1,2 Miliar Dari Lelang Spektrum 5G


Jakarta, Selular.ID – Operator menghabiskan €1,2 miliar gabungan di lelang 5G pertama Belanda, dengan KPN dan T-Mobile Netherlands siap bergabung dengan saingannya VodafoneZiggo dalam menawarkan layanan pada teknologi jaringan baru.

Dalam pernyataan terpisah, KPN dan VodafoneZiggo mengungkapkan masing-masing menghabiskan €416 juta untuk alokasi spectrum yang disediakan. T-Mobile mengeluarkan €400 juta dan, meskipun juga senang dengan alokasinya, mengeluhkan harga awal yang ditetapkan oleh pemerintah terlalu tinggi.

Baik KPN dan VodafoneZiggo keduanya dialokasikan 20MHz dari 700MHz; 15MHz dari 1400MHz; dan 40MHz di pita 2100MHz.

VodafoneZiggo, yang telah meluncurkan layanan 5G pada April lalu menggunakan aset spektrum yang ada, menyebutkan bahwa alokasi spectrum hasil tender tahap pertama akan meningkatkan penawaran saat ini. Sedangkan KPN mengatakan pihaknya berencana untuk “segera meningkatkan kecepatan data selular” untuk pelanggan 4G di samping peluncuran generasi berikutnya.

CEO KPN Joost Farwerck menambahkan pihaknya telah memperoleh “kombinasi yang menarik dari lisensi frekuensi” dengan “harga yang wajar, mengingat harga minimum yang ditetapkan oleh pemerintah”.

T-Mobile memenangkan 20MHz dari 700MHz dan 10MHz di pita 1400MHz. Itu juga mempertahankan 40MHz dari 2100MHz sudah diadakan. Meskipun operator mengeluhkan harga awal yang tinggi, operator mencatat bahwa mereka membayar “jumlah yang cukup besar, tetapi jauh lebih sedikit daripada pesaing.”

Operator berencana untuk meluncurkan layanan 5G segera setelah lisensi diterima, sementara KPN mengatakan jaringannya “segera diluncurkan”.

Sebagai bagian dari ketentuan lelang, operator telah menetapkan sejumlah ketentuan, termasuk mencakup 98 persen dari setiap kota, bersama dengan persyaratan kecepatan minimum untuk bisnis dan konsumen. Semua lisensi berlaku hingga 2041. Rencana lelang 5G tahap di negeri tulip itu, direncanakan akan kembali digelar pada awal 2022.



kupakai.com