Cara Mengatasi Sariawan Dalam 1 Malam

Weh… kesibukan yang semakin lama semakin padat, sehingga blog tidak keurus hingga lamaaa..sekali. Sebenarnya ada keinginan untuk kembali mengaktifkan blog dan kumpul bareng teman-sobat terbaik saya, namun apa daya… he..he. Di sela-sela waktu yang sempit ini, saya akan menunjukkan sedikit pengalaman langsung, barangkali para pembaca pernah mengalami hal yang sama, bisa sedikit memberikan solusi.

Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aphtosa yaitu suatu kelainan pada selaput lendir lisan berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Seriawan merupakan penyakit kelainan lisan yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terjangkit daripada laki-laki.

Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi masakan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan lisan tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Seriawan di kawasan yang sama selama dua ahad hingga satu bulan dapat dijadikan indikasi adanya kanker rongga mulut. Stomatitis Aphtous/Ulcer bukan hanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C, namun sebaliknya SA dikenal disebabkan oleh alergi citrus atau alergi kuliner yang mengandung asam, kondisi imun yang lemah, obat-obatan tertentu, trauma fisik (ataupun penggunaan gigi palsu gres), dsb.

Penyakit kekurangan vitamin C sendiri yakni Scurvy atau kegagalan proses sintesis kolagen yang ditandai dengan gusi mudah berdarah, pendarahan kulit (purpura) dsb.

Beberapa ahad yang kemudian aku mengalami hal yang sama, dan kemarin juga mengalami hal serupa. Dan alhamdulillah hanya semalam, pagi ini sudah sembuh seperti sedia masa, tentu saja ini adalah harapan semua orang khan.

Langsung saja ke TKP, yang aku lakukan tadi malam dan beberapa minggu yang kemudian adalah :

1. Saya minum ester C 2 tablet

2. Kemudian kumur dengan Zensodine (pasta gigi) kumur cuman sekali. Pada saat kumur, aku usahakan luka pada gusi terbuka (agak keras), dan jangan takut sakit.

3. Sebelum tidur, aku tetesi luka saya dengan obat tetes GOM

Dan… terbukti pagi ini sudah sembuh total.

Semoga mampu membantu, dan bagi para sahabat yang tidak sempat terbalas komennya aku mohon maaf yang sebesar-besarnya.