Dari 7 Edisi Spesial, Mana Oppo Reno Favorit Anda?

Dari 7 Edisi Spesial, Mana Oppo Reno Favorit Anda?


Jakarta, Selular.ID – Oppo merupakan produsen smartphone yang kerap berkolaborasi dengan banyak perusahaan lintas industri dalam menghadirkan edisi spesial produknya. Mulai dari Lamborghini, Marvel, FC Barcelona, Disney, sampai yang terbaru Pixar.

Khusus di Indonesia, Oppo juga berkolaborasi dengan tiga seniman kebanggaan nasional, yakni Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan, dalam menghadirkan edisi spesial Oppo Reno 10x Zoom.

Lalu apa saja edisi spesial yang telah dihadirkan Oppo di Indonesia? Berikut daftar tujuh Reno Special Edition yang pernah edar di tanah air.

  1. Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona
  2. Oppo Reno 10x Zoom Signature Edition
  3. Oppo Reno 10x Zoom – Darbotz
  4. Oppo Reno 10x Zoom – Arkiv Vilmansa
  5. Oppo Reno 10x Zoom – Ronald Apriyan
  6. Oppo Reno 10x Zoom 12GB
  7. Oppo Reno2 Year of the Mouse Limited Edition

Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona

Perusahaan meluncurkan edisi spesial pertamanya, Oppo Reno 10x Zoom edisi FC Barcelona pada Juli 2019. Di barisan FC Barcelona, ini merupakan produk keempat Oppo berkolaborasi dengan Barca, setelah sebelumnya ada Oppo F1 Plus, F3, dan R11.

FC Barcelona Limited Edition memiliki spesifikasi yang sama dengan Oppo Reno 10x Zoom versi original. Bedanya hanya terdapat pada desain saja.

Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona (Redaksi Selular.ID)

Pada bagian belakang terdapat logo FC Barcelona. Logo tersebut dibuat dengan teknik heat press dan pertamakalinya diterapkan pada smartphone Oppo. Di dalam box juga terdapat banyak aksesoris bertemakan FC Barcelona seperti cover pelindung dan lainnya.

Lensa kamera utama 48MP f/1.7 dengan sensor Sony IMX586 didukung fitur 10x Zoom masih jadi andalan. Pop-up selfie camera menyerupai sirip hiu dengan resolusi 16MP masih disematkan di ponsel ini.

Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona dibekali layar AMOLED seluas 6,6 inci dengan resolusi 2340 x 1080 pixel. Dapur pacunya, diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan prosesor Octa-core dipadukan RAM 8GB dan ROM 256 GB.

Dayanya ditunjang baterai berkapasitas 4.065mAh didukung fast charging VOOC 3.0. Ponsel ini berjalan dengan sistem operasi Android 9.0 Pie berbalut ColorOS 6.0.

Sesuai namanya, Oppo Reno 10x Zoom FC Barcelona Limited Edition hadir dalam jumlah terbatas. Di Indonesia, ponsel hanya tersedia 200 unit. Harganya pun sama dengan versi original yakni Rp12.999.000.

Oppo Reno 10x Zoom Signature Edition

Bukan melulu mengejar keuntungan penjualan, edisi spesial Oppo juga dimaksudkan untuk penggalangan dana yang hasilnya disumbangkan.

Untuk donasi ini, Oppo menggandeng tiga seniman kenamaan Indonesia dalam menghadirkan tiga unit Oppo Reno 10x Zoom Signature Edition. Masing-masing tersedia hanya satu unit, Signature Edition ini bukan dijual, melainkan dilelang.

Dalam lelang tersebut, vendor berhasil mengumpulkan dana Rp1 miliar yang digunakan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pengelolaan museum di Jakarta.

Pembeli Signature Edition juga mendapat artwork mereka. Karya Ronald Apriyan misalnya, mendapat artwork “Space Restaurant”, karya Arkiv Vilmansa mendapat artwork “Crown of Creation”, dan karya Darbotz mendapat artwork “Berbeda Tapi Tetap Satu”.

Pada bagian penampang belakang Signature Edition ini terukir karya para seniman yang menonjolkan creative innovation. Proses pembuatan penampang belakang sendiri terbilang kompleks.

Untuk memastikan karya seniman terpampang sempurna, masing-masing karya diukir dari dalam bagian penampang belakang dengan suhu yang diatur sedemikian rupa, sehingga detail karya seniman terlihat dengan jelas. Pemilihan untuk mengukir melalui bagian dalam penampang juga ditujukan agar permukaan produk tetap halus dan nyaman digenggam.

Proses produksi kolaboratif yang detail ini dilakukan dalam waktu satu bulan penuh dan menjadi tantangan tersendiri bagi Oppo maupun ketiga seniman.

Untuk spesifikasi, Signature Edition sama persis dengan Oppo Reno 10x Zoom reguler, dan ponsel tidak dijual bebas.

Oppo Reno 10x Zoom Limited Edition

Selain Signature Edition, Oppo juga mengeluarkan Reno 10x Zoom Limited Edition seri Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan. Masing-masing seri edisi terbatas ini hanya tersedia dalam 30 unit di Indonesia. Setiap unitnya dijual dengan harga Rp12.999.000.

Sama seperti edisi FC Barcelona dan Signature Edition, spesifikasi Limited Edition ini juga sama persis dengan Oppo Reno 10x Zoom edisi reguler. Perbedaannya hanya terletak pada desain unik di panel belakang. Seluruhnya dikreasikan dalam varian warna jet black.

Proses pembuatan penampang belakang Limited Edition Oppo Reno 10x Zoom terbilang kompleks. Untuk memastikan karya seniman terpampang sempurna, masing-masing karya diukir dari dalam bagian penampang belakang dengan suhu yang diatur sedemikian rupa, sehingga detail karya seniman terlihat dengan jelas.

Pemilihan untuk mengukir melalui bagian dalam penampang juga ditujukan agar permukaan produk tetap halus dan nyaman digenggam.

Proses produksi kolaboratif yang detail ini dilakukan dalam waktu satu bulan penuh dan menjadi tantangan tersendiri bagi Oppo maupun ketiga seniman.

1. Oppo Reno 10x Zoom – Darbotz

Darbotz merupakan salah satu seniman graffiti Indonesia yang sukses mengukir karier seninya hingga dikenal dunia. Salah satu karya gigantiknya yang menampikan karakter khasnya yaitu Monster Ball, hingga kini bisa kita saksikan dengan jelas di salah satu tembok hotel ternama di Jakarta.

Untuk Limited Edition Oppo Reno 10x Zoom Seri Darbotz sendiri, Darbotz mengangkat tema “Berbeda Tapi Tetap Satu”. Melalui warna hitam putih, garis, dan karakter monster yang menjadi ciri khasnya, Darbotz mencoba menggambarkan keadaan masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai suku, agama, dan budaya berbeda, tapi tetap menjadi satu kesatuan.

2. Oppo Reno 10x Zoom – Arkiv Vilmansa

Arkiv Vilmansa adalah pelukis asal Bandung yang selama ini dikenal dengan karya-karyanya yang lekat dengan figur kartun seperti Mickey Mouse dan Looney Tunes, kedua figur yang sangat ia gemari sejak kecil. Ciri khas inilah yang terlihat jelas dalam Seri Arkiv Vilmansa.

Meskipun lebih banyak berkarya dalam medium kanvas, Arkiv sering mengeksplorasi karyanya dengan sentuhan digital, termasuk menggunakan teknologi QR Code dan Google Maps.

Untuk Limited Edition Oppo Reno 10x Zoom Seri Arkiv Vilmansa, Arkiv menamakan karyanya ‘Crown of Creation’ yang terinspirasi dari kompleksitas dan modernitas yang ada di kehidupan sehari-hari.

3. Oppo Reno 10x Zoom – Ronald Apriyan

Ronald Apriyan merupakan pelukis yang tinggal di Yogyakarta. Karya Ronald tak hanya diminati oleh pecinta seni di Indonesia, tapi juga berhasil mencuri hati para pecinta seni di Singapura, Jepang, Myanmar, dan sejumlah negara lainnya melalui pameran internasional yang kerap ia ikuti.

Untuk Limited Edition Oppo Reno 10x Zoom Seri Ronald Apriyan, Ronald menggunakan goresan penuh warna untuk menuangkan imajinasi memakan Nasi Padang di luar angkasa.

Oppo Reno 10x Zoom RAM 12GB

Dari jajaran edisi spesial di atas mengusung spesifikasi yang sama persis dengan Reno 10x Zoom edisi reguler. Kalau yang sudah-sudah ponsel dibekali RAM 8GB, kali ini Oppo mengeluarkan edisi spesial RAM 12GB LPDDR4X.

Selain RAM, perangkat Reno 10x Zoom kali ini juga tampil lebih stylish dengan warna baru Ocean Blue. Perangkat dijual dengan harga lebih terjangkau yakni Rp8.999.000.

Reno 10x Zoom 12GB Special Edition masih membawa keunggulan yang sama dengan perangkat reguler, seperti storage 256GB dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855. Yang berbeda hanya pada RAM yang diusung dan warna baru.

Ponsel mengadopsi desain pop-up selfie camera bernama Pivot Rising Camera 16MP dengan bentuk menyerupai sirip hiu menjadi fitur andalan smartphone ini.

Dayanya, perangkat ditopang baterai berkapasitas 4065 mAh dan disokong fitur fast charging bernama VOOC 3.0 yang mampu mengisi daya penuh dalam waktu 80 menit.

Keunggulan utama Oppo Reno 10x Zoom terletak pada tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP SONY IMX586 F/1.7, kamera sudut lebar 8MP F/2.2 yang dapat menghasilkan pandangan 120°, dan kamera telefoto dengan pembesaran hybrid 10x zoom menggunakan sensor 13MP dengan F/3.0.

Oppo Reno2 Year of the Mouse Limited Edition

Setelah Reno dan Reno 10x Zoom debut di Juni, vendor mengeluarkan Reno2 dan Reno2 F pada Oktober 2019. Tiga bulan berselang, perusahaan mengeluarkan Reno2 edisi spesial yang kali ini menggandeng produsen animasi kenamaan, Disney.

Sebenarnya sebelumnya Reno2 F Disney Special Bundling sudah meluncur lebih dulu, tetapi hanya menyertakan merchandise ekslusif Oppo dan Disney pada paket pembelian.

Nah pada Oppo Reno2 Year of the Mouse Limited Edition, perangkat hadir dengan grafis karakter ikonik Disney Mickey Mouse pada bagian casing belakang.

Sama seperti edisi tiga seniman sebelumnya, pada penampang casing belakang Reno2 terpampang grafir karakter Mickey Mouse.

Proses grafir ini tidaklah mudah dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pembuatannya, Oppo memastikan tingkat presisi pada gambar dan tampilan yang stylish namun juga elegan untuk menyajikan perangkat edisi spesial yang berkualitas.

Sementara untuk spesifikasi smartphone sendiri, masih sama dengan Reno2 edisi reguler, mulai dari prosesor Qualcomm Snapdragon 730G, RAM 8GB, dan memori internal 256GB. Di bagian kamera, ia punya kamera selfie 16MP dengan trio kamera belakang 48MP + 8MP + 13MP.

Harga edisi spesial ini juga sama dengan reguler, yakni Rp7.999.000.

Oppo Reno4 Series

Satu tahun berselang, Reno generasi baru segera meluncur, yakni Reno4. Sejumlah teaser mengenai hasil kamera dan fitur kamera sudah tersebar, namun vendor belum mengkonfirmasi spesifikasi dan tanggal ketersediaannya, termasuk apakah Reno4 akan membawa kejutan special edition berikutnya? Kita tunggu saja pengumuman resminya.



kupakai.com