Ini Kendala Jaringan 5G di Indonesia

Ini Kendala Jaringan 5G di Indonesia


Jakarta, Selular.ID – Seperti disebutkan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), yang didapat dari berbagi sumber, memperkirakan jaringan generasi terbaru 5G masuk Indonesia pada 2022.

Untuk jaringan 5G, operator seluler di Indonesia sudah mulai uji coba jaringan 5G sejak 2017, kebanyakan untuk penggunaan di sektor industri, bukan untuk konsumen komersial. Uji coba jaringan 5G diperkirakan masih akan berlangsung hingga tahun depan.

Melihat itu sepertinya jaringan telekomunikasi generasi ke 5 masih menjadi tanda tanya kapan 5G benar-benar di impementasikan di Indonesia.

Dalam media brifing yang digelar secara virtual Chin Lin Low, Technical Account Manager MediaTek mengatakan, bahwa sejauh ini Mediatek melihat ada kesiapan dari sisi operator telekomunikasi di Indonesia untuk menggelar jarigan 5G.

“Kami melihat operator sudah siap untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kami sudah beberapa kali berkomunikasi dengan pihak operator, dan tampaknya mereka sudah siap,” terang Chin Lin Low, di Jakarta (08/09/2020).

Tetapi menurut Chin Lin, untuk jaringan di Indonesia adalah masalah spektrum yang dipakai untuk 5G, yakni terhalang dengan spektrum lain. Dan disini peran pemerintah, (Kominfo) untuk membenahi masalah tersebut.

Untuk jaringan 5G, Mediatek pun telah melakukan langkah-langkah kerjasama dengan penyedia operator maupun vendor perangkat teknologi terkemuka.Seperti diketahui, Mediatek saat ini memiliki jajaran prosesor Dimensity yang sudah mendukung jaringan 5G. Mereka sudah memiliki beberapa prosesor yang telah diluncurkan, termasuk Dimensity 1000, 820, 800, dan yang terbaru 800U serta 720.

Baca Juga :Mediatek dan Inmarsat Uji Koneksi Data IoT dengan Satelit 5G

Mediatek telah melakukan kerjasama dengan operator satelit Inmarsat yang terdiri dari 70 stasiun, Intel, hingga Google. Mediatek juga gandeng Intel untuk meluncurkan PC atau laptop dengan jaringan 5G pada awal tahun 2021 nanti. Dengan begitu, Mediatek saat ini telah mendukung dan siap terhadap jaringan 5G di masa depan karena sudah memiliki teknologi cloud dengan Google, prosesor 5G dengan Intel, dan satelit 5G dengan operator Inmarsat.

Saat ditanyakan kapan menurut mereka jaringan 5G akan dapat dijalankan dengan penuh, mereka memprediksi dalam waktu dekat ini Indonesia akan dapat menjalankan jaringan 5G seutuhnya.

“Menurut kami Indonesia siap menggelar 5G pada 2024 mendatang. Tapi, kepastian kesiapan jaringan ini yang tahu hanyalah pemerintah (Kominfo),” ujar Chin Lin Low.



kupakai.com