Instagram Berencana Pungut Biaya untuk Tautan di Caption

Instagram Berencana Pungut Biaya untuk Tautan di Caption


Jakarta, Selular.ID – Selama ini pengguna Instagram hanya bisa menaruh tautan pada bio serta Insta Stories. Namun, kali ini Instagram berencana memungkinkan penggunanya untuk memberikan tautan melalui caption.

Walau terdengar lebih mudah, jejaring sosial media itu dilaporkan bakal memungut biaya. Dengan kata lain, untuk setiap postingan yang memiliki tautan pada captionnya akan berbayar.

Informasi ini didapat melalui bocoran aplikasi pengajuan paten, seperti dilaporkan The Verge, Selasa (14/9). Bocoran yang beredar mengungkap akan ada pop-up yang muncul ketika pengguna menambahkan alamat URL pada caption.

Baca juga: Instagram Uji 3 Tampilan Baru

Untuk hal ini, Instagram disebut-sebut memungut biaya sebesar 2 dollar AS atau setara Rp30 ribu.

“Jika sistem online mendeteksi konten teks dari teks tersebut termasuk string teks tautan yang mengidentifikasi alamat, online sistem meminta pengguna yang memposting untuk membayar biaya sebagai imbalan untuk menghasilkan tautan.” demikian bunyi pemaparan paten.

Fitur baru ini mungkin saja mengundang pro dan kontra, mengingat tak semua pengguna senang dengan konten berbayar. Tetapi, untuk kebutuhan iklan tertentu, menjadi kemudahan tersendiri. Hal ini lantaran tautan akan langsung muncul pada caption, tanpa perlu mengetuk bio Instagram seperti sebelumnya.

Namun, sejauh ini belum dapat dipastikan apakah Instagram bakal merilis fitur ini atau tidak. Pasalnya, hanya berupa pengajuan paten.



kupakai.com