Kelas Pintar Kian Mudahkan Belajar Online Melalui Fitur Sekolah

Kelas Pintar Kian Mudahkan Belajar Online Melalui Fitur Sekolah


Jakarta, Selular.ID – Kelas Pintar kian menunjukkan eksitensinya di tengah pandemi Covid-19. Menyadari bahwa kegiatan belajar mengajar secara tatap muka masih belum bisa dilakukan, dan para siswa pun masih harus belajar di rumah, Kelas Pintar memberikan layanan terbaiknya untuk kemudahan dalam proses belajar dan mengajar di rumah. Salah satunya dengan menghadirkan fitur baru.

Kelas Pintar telah menghadirkan fitur terbaru yakni fitur Sekolah. Fitur Sekolah dijelaskan Kelas Pintar, adalah solusi bagi dunia pendidikan di masa Covid-19.

Di dalam fitur Sekolah terdapat enam menu yang dapat dimaksimalkan oleh guru, siswa, sekolah dan juga orang tua dalam proses belajar mengajar. Sehingga memberikan keuntungan-keuntungan dalam proses belajar mengajar.

Berikut enam menu yang hadir di Fitur Sekolah

Kelas
Seperti pada umumnya belajar di kelas, menu ini memungkinkan proses belajar mengajar bisa dilakukan layaknya berada di dalam ruang kelas di sekolah. Proses pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka virtual. Interaksi antara guru dengan para siswa ataupun sebaliknya bisa dilakukan secara realtime. Guru dapat membuat jadwal kelas untuk menjelaskan materi secara langsung ataupun rekaman video, sehingga murid dapat mengakses dan mengikuti kelas secara online, di rumah atau dimanapun.

Tidak hanya itu, Kelas Pintar juga menyediakan opsi bagi guru untuk merekam materi pembelajaran yang selanjutnya bisa digunakan sebagai referensi bagi para murid untuk pendalaman materi.

PR (PekerjaanRumah)
Menu PR ini akan sangat membantu bagi para guru untuk memberikan tugas pada siswa dan menerima tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa. Guru maupun siswa dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu mengirimkan dalam bentuk email atau bahkan menggunakan platform lainnya.

Keunggulan lain dari menu ini adalah kemudahan untuk memantau status pekerjaan rumah dari masing-masing siswa. Selanjutnya guru juga bisa memberikan penilaian dan memberikan penjelasan dari setiap jawaban PR yang diberikan. Sehingga PR sebagai bagian dari proses pembelajaran bisa berfungsi maksimal dalam penguatan konsep. Dan secara administratif, guru dimudahkan dalam pencatatan nilai dari masing-masing siswa.

Project
Dengan menu ini, guru dan siswa dapat dengan mudah mengirim, mengunduh maupun mengunggah file PBL (pdf, png, jpeg, doc). Guru pun dapat memantau status, memberikan penilaian maupun menjelaskan setiap jawaban PBL siswa terkait project yang diberikan.

Tugas
Lewat menu Tugas, Guru dapat memberikan tugas atau assessment secara online dengan soal yang dibuat sendiri. Guru dapat memberikan Tugas dalam bentuk soal Pilihan Ganda atau Essay untuk dikerjakan secara online oleh Murid. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai dengan kelas dan mata pelajaran serta dapat memantau, dapat menentukan sendiri bobot nilai dari setiap soal yang dibuat dan diberikan pada siswa untuk setiap tugas yang telah dikerjakan oleh Murid.

Ujian
Melalui menu Ujian, guru bisa dengan mudah membuat ujian online dan siswa dapat mengerjakan secara langsung soal ujiannya. Guru dapat membuat soal sendiri sesuai dengan standar masing-masing sekolah atau menggunakan kumpulan soal yang ada di bank soal Kelas Pintar yang sudah terstandarisasi sesuai kurikulum nasional. Dan secara adminisratif, guru juga akan dimudahkan dengan fasilitas laporan hasil ujian yang bisa di peroleh secara realtime.

Close-up image of chemical element model in hands on student

Monitoring
Salah satu kendala yang dihadapi oleh guru atau tenaga pengajar adalah sulitnya memantau dan mengawasi siswa saat ujian. Untuk itulah, Kelas Pintar menanamkan menu monitoring yang bisa diaktifkan oleh guru pada saat melakukan ujian online. Dengan menu ini guru bisa melihat aktivitas ujian siswa di rumah secara online, aktivitas komputer siswa, bahkan dapat langsung memberikan intruksi, peringatan dan pengumuman.

Ketika siswa belum memahami apa yang dipelajari dan ingin bertanya, ada fasilitas Tanya dari Kelas Pintar yang difasilitasi oleh para Guru di masing-masing bidang pendidikan yang dialokasikan secara husus untuk menjawab pertanyaan siswa dan memastikan setiap jawaban sudah tepat serta sesuai dengan standar pendidikan yang berlaku tanpa dipungut biaya atau gratis.

Semua kemudahan belajar online tersebut, termasuk didalamnya fitur Sekolah, bisa didapat dengan berlangganan Paket Sahabat Belajar Online, paket belajar lengkap yang menggabungkan layanan Kelas Pintar Regular, Soal dan Tanya Prioritas. Tanya Prioritas adalah tambahan waktu untuk ber-tanya yaitu di jam 09:00 – 12:00 WIB, kepada siswa yang sudah berlangganan paket belajar Kelas Pintar.



kupakai.com