Khusus Akun yang Dicurigai, Instagram Minta Verifikasi Identitas

Khusus Akun yang Dicurigai, Instagram Minta Verifikasi Identitas


Jakarta, Selular.ID – Instagram mengambil langkah baru untuk membasmi bot serta pengguna lainnya. Jejaring sosial media itu mengatakan akan meminta beberapa pengguna untuk memverifikasi identitas mereka jika dicurigai memiliki “potensi perilaku tidak autentik”.

Instagram menekankan bahwa kebijakan baru tidak akan memengaruhi sebagian besar pengguna, tetapi akan menargetkan akun yang tampak mencurigakan.

“Ini termasuk akun yang berpotensi terlibat dalam perilaku tidak autentik terkoordinasi, atau ketika kami melihat mayoritas pengikut seseorang berada di negara yang berbeda dengan lokasinya, atau jika kami menemukan tanda-tanda otomatisasi, seperti akun bot,” tulis Instagram, seperti dikutip dari Engadget, Minggu (16/8).

Di bawah aturan baru, akun tersebut akan diminta untuk memverifikasi identitas mereka dengan mengirimkan kartu identitas, seperti KTP.

Baca juga: Instagram Resmi Gulirkan Reels, Pesaing TikTok

Jika tidak, perusahaan mengatakan dapat menurunkan peringkat posting mereka di umpan Instagram atau bahkan menonaktifkan akun mereka sepenuhnya.

Perubahan itu terjadi ketika Facebook dan Instagram telah meningkatkan upaya mereka untuk melawan informasi yang salah menjelang pemilu 2020. Sebelumnya, Facebook sudah memiliki kebijakan serupa yang mewajibkan beberapa orang untuk melakukan verifikasi terhadap akun mereka.



kupakai.com