Microsoft Akuisisi Zenimax Media, Apakah Xbox Akan Kebanjiran Game Populer?

Microsoft Akuisisi Zenimax Media, Apakah Xbox Akan Kebanjiran Game Populer?


Jakarta, Selular.ID – Secara mengejutkan Microsoft telah mengugumkan sedang dalam proses mengakuisisi Zenimax Media senilai USD 7,5 Miliar atau sekitar Rp111 triliun. Zenimax Media merupakan induk perusahaan dari developer kelas atas seperti Bethesda Game Studios, id Software, Arkane Studios, Tango Gameworks, hingga MachineGames.

“Kami dengan bangga mengugumkan bahwa Microsoft telah sepakat untuk mengakuisisi ZeniMax Media, perushaan induk dari Bethesda Softworks,” kata Head of Xbox, Phil Spencer, di blog resmi Xbox.

Alhasil dengan diakuisisinya ZeniMax Media, Microsoft bakal menaungi studio game populer yang berada di bawah payung perusahaan tersebut. Salah satunya ialah Bethesda Game Studios yang terkenal terkenal dengan game franchise populer, seperti Fallout, Doom, Dishonored, The Elder Scrolls, Wolfenstein dan lain sebagainya.

Kabarnya juga salah satu game petualangan luar angkasa Starfield yang kini tengah dikembangkan studio game tersebut kedepan akan tersedia di konsol game besutan Microsoft, Xbox, dan PC.

Langkah Microsoft dalam akuisisi Zenimax Media dinilai sebagai langka strategis, sehingga tidak mengherankan jika ZeniMax adalah akuisisi terbesar Microsoft dalam game hingga saat ini, melebihi nominal dari Mojang AB dan franchise Minecraft yang populer pada tahun 2014.

Beberapa ahli, seperti dikutip dari japantimes.co, Selasa (22/9) menduga Microsoft kedepan dapat dengan leluasa menghilangkan game mega populer dari konsol PlayStation saingannya seperti game role-playing fantasi yang akan datang The Elder Scrolls VI, yang seri sebelumnya telah berhasil terjual lebih dari 20 juta kopi di berbagai platform, termasuk PlayStation 3 dan PlayStation 4.

Lalu beberapa game Bethesda Studios juga sudah ada di Game Pass, tetapi efek akuisisi memberi Microsoft tiga keuntungan besar. Pertama dan terpenting, memungkinkan Microsoft untuk dapat menempatkan game masa depan dari franchise Bethesda di Xbox Game Pass. Kedua, memberi Microsoft kendali penuh atas katalog Bethesda yang luas, yang mencakup ratusan game klasik seperti Fallout 3 dan Dishonored for Xbox Game Pass.

Dan yang terakhir Microsoft dapat menahan game rilisan Bethesda Studios kedepan, untuk para pesaing seperti Sony Corp’s PlayStation Now dan Google Stadia, layanan video game streaming yang dijalankan oleh raksasa pencarian.

Memang sejauh ini belum ada keterangan yang menyebut secara rinci soal strategi dan apa saja yang bakal masuk ke dalam daftar game eksklusif Xbox.

Perlu Anda ketahui langkah akuisisi ini diumumkan menjelang peluncuran Xbox Series X dan Series S yang bakal digelar pada 10 November mendatang. Dan apakah seluruh game teranyar ZeniMax Media, terutama yang dirilis Bethesda Studios akan hanya tersedia secara ekslusif di Xbox Series X dan Series S saja atau tidak.



kupakai.com