Review Oppo A53: Smartphone ‘Sakti’ Dengan Teknologi Layar 90Hz

Review Oppo A53: Smartphone ‘Sakti’ Dengan Teknologi Layar 90Hz


Jakarta, Selular.ID – Oppo A53 merupakan smartphone terjangkau dengan kemampuan super komplit. Selular.ID yang berkesempatan menjajal A53 hampir seminggu penuh ini memiliki kesan serba ‘mencukupi’ saat penggunaannya.

Sekedar informasi ponsel ini merupakan seri A menengah Oppo yang memang tidak dipungkiri peminatnya cukup tinggi di Indonesia.

Dengan bandrol harga sekitar Rp2,5 juta, A53 sudah membawa spesifikasi mumpuni, sebut saja seperti tersematnya layar dengan teknologi refresh rate 90hz dan chipset Snapdragon 460. Untuk lebih jauh seperti apa kemampuan Oppo A53 ini, simak kupas tuntasnya berikut ini:

Penampilan Menawan

Dari segi penampilan A53 cukup menawan dengan ketebalan 8,34mm, serta mengusung tampilan bodi lengkung 3D-curved Iridescent Wave.

Balutan warna biru mengkilat yang khas, ditambah pada bagian sisi ponsel menggunakan metal coating frame semakin menguatkan kesan penampilan dan juga kekokohan produk pastinya.

Pada bagian belakang smartphone, terdapat sebuah sensor pemindai sidik jari (fingerprint) dan tiga kamera utama. Pada bagian kanan, terdapat tombol power, tombol volume di sisi kiri serta port SIM tray triple slot untuk dua buah SIM card dan 1 memory eksternal hingga 256GB. Lalu bagian bawah tempat untuk port USB-C, speaker, lubang jack 3.5mm, dan lubang microphone.

Bagian yang menarik, dan memang masuk sebagai kemampuan unggulan dari Oppo A53 ini ada pada bagian tampilan layar depannya, yang menggunakan model desain punch hole di sisi kiri atas untuk mengakomodir satu buah kamera 16MP ini.

Teknologi Layar 90Hz

Keunggulan dari sektor layar A53 telah mendukung refresh rate hingga 90Hz, sebuah trobosan untuk ponsel kelas menengah sejauh ini. Disebut sebagai Neo-Display 90Hz, teknologi ini diklaim Oppo mampu memberikan pengalaman visual yang lebih mulus dibanding layar ponsel kebanyakan dengan refresh rate 60 Hz.

Teknologi tersebut tertanam pada layar IPS 6,5 inci (720 x 1.600 piksel) dan memiliki aspect rasio 20:9. Oppo turut membekali A53 ini dengan AI Brightness technology dan Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung layar.

Dan benar saja saat penggunaan, layar yang mendukung refresh rate hingga 90 Hz itu bisa sangat terasa lembut saat menggeser halaman menu utama smartphone, entah itu pada saat berselancar di dunia maya, atau membuka sosial media. Pergerakan layar ketika disentuh terasa lebih nyaman sekaligus responsif.

Pengalaman visual pun tentu lebih jauh mengasyikan apalagi kemampuan ini juga didukung dua speaker dengan teknologi muktakhir Dirac 2.0, yang mampu menyesuaikan suara digital. Speaker ganda ini terletak di bagian atas dan bagian bawah ponsel, menawarkan suara stereo yang sempurna untuk bermain game atau sekedar menonton video.

Bidikan Kamera Tajam

Pada bagian kamera, A53 memiliki empat kamera satu terdapat di lubang punch hole yang memuat kamera selfie 16MP (f/2.0). Dan sisanya, tiga kamera yang disusun secara vertikal, yang terdiri dari Kamera utama 13MP (f/2.2), kamera portrait 2MP (f/2.4), kamera makro 2MP (f/2.4).

Lantas bagaimana ketajamanya? Selama penggunaan, bagian mata kamera ini cukup menjawab kebutuhan, dengan dukungan fitur yang sangat membantu seperti makro, expert, Live focus, Beautifikasi, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada kamera selfie, terdapat kamera sebesar 16 MP, dengan balutan teknoligi AI di dalamnya. Yang menarik pada bagian ini terdapat Intelligent Beautification Algoritme untuk membantu Anda mendapatkan hasil selfie natural, apa pun lingkungan, warna kulit atau kondisi pencahayaan yang Anda miliki saat itu. AI pada kamera depan ini menawarkan efek beautification secara otomatis lho.

Sedangkan untuk perekaman video, Oppo A53 mampu merekam video hingga resolusi 1080p, penting untuk dimilki bagi Anda yang hobi merekam moment penting melalui ponsel pintar.

Spesifikasi Mumpuni

Dari segi dapur pacu, Oppo A53 ditenagai oleh chipset Snapdragon 460. Oppo mengklaim A53 sebagai ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan chipset tersebut.

Secara performa, memang Snapdragon 460 yang didukung oleh RAM 4GB dan penyimpanan 64GB pada A53 jauh dari kata mengecewakan.

Selama masa pemakaian, A53 sangat andal terlebih untuk memainkan game popular sekalipun dengan kualitas tinggi, seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile Legends, Call Of Duty (COD) Mobile, Free Fire dan lain sebagainya.

Pengguna juga dapat memperluas kapasitas penyimpanan dengan slot kartu microSD hingga 256 GB. Slot microSD ini bersifat hybrid, slot-nya jadi satu dengan slot SIM card kedua.

Yang membuatnya menarik dari sektor ini, ada ramuan rahasia untuk bisa memacu ponsel agar bisa beroprasi sedemikian kuat, salah satu ramuan muktakhirnya itu terdapat pada kemampuan RAM plus Memory Optimization.

Kemampuan ini intinya dapat mengurangi keterlambatan melalui algoritme pengoptimalan dampaknya tentu pengoperasian sistem bisa jauh berjalan lebih lancar dan dapat mempercepat waktu membuka file aplikasi. Dan juga secara signifikan meningkatkan kecepatan kinerja A53 pada tingkat perangkat lunak, bahkan setelah digunakan dalam waktu lama sekalipun.

Baterai Bongsor

Kemudian yang patut diapresiasi dari Oppo A53 itu juga ada pada cakupan dayanya, bisa dibayangkan pada ponsel yang secara penampilan tidak terlalu tebal, bahkan cenderung ideal dengan bobot cukup ringan, ponsel ini ternyata menggunakan baterai berkapasitas bongsor 5000mAh dan didukung pengisian daya 18W.

Kehadiran pada kekuatan daya ini sudah pasti dapat mendukung semua kegiatan Anda, belum lagi kecepatan pengisian daya Oppo A53 yang sudah tidak diragukan kemampuanya, bahkan umur daya pakai bisa diperpanjang melalui mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode.

Kesimpulan

Selama menjajal Oppo A53 kesan yang paling melekat, ponsel bisa dipastikan dapat mendukung aktivitas harian dengan sempurna. Lalu tak terbantahkan teknologi layar 90Hz membuat handset ini sangat nyaman digunakan, terlebih AI Brightness Technology yang tersamat pada A53 juga membantu kenyamanan pengguna, karena secara otomatis teknologi ini dapat menyesuaikan lampu latar setelah mempelajari preferensi kecerahan.

Dari sektor kinerjanya, untuk ponsel harga terjangkau tentu apa yang diberikan Oppo sudah lebih dari cukup. Snapdragon 460 yang didukung oleh RAM 4GB dan penyimpanan 64GB pada A53 jauh dari kata lemot, padatnya penggunaan ponsel untuk apapun A53 sejauh penggunaan berjalan sangat lancar, tidak pernah tersendat sama sekali.

Dan yang tidak kalah penting, kapasitas baterai 5000mAh seperti memiliki ponsel dengan umur panjang, saat digunakan untuk kebutuhan kerja, bermain game, mendengarkan musik, streaming video dan meeting zoom, ponsel ini cukup satu kali saja dicas dan tidak pernah kehabisan daya.

Bagi yang tertarik ponsel pintar Oppo A53 sudah tersedia di pasar Indonesia, dengan harga jual resmi sekitar Rp2.499.000.



kupakai.com