Review OPPO Reno4: Handphone Para Kreator Muda yang Kreatif

Review OPPO Reno4: Handphone Para Kreator Muda yang Kreatif


Jakarta, Selular.ID – Perangkat smartphone kini sudah bisa diandalkan untuk membuat konten multimedia. Berbekal kamera mumpuni, prosesor handal, dan fitur terkini, kreator bisa menciptakan konten kreatif dengan kualitas tinggi hanya dari genggaman tangan.

Salah satu smartphone yang cocok untuk kreator muda yang kreatif adalah OPPO Reno4. Dengan harga Rp4.999.000, konsumen akan mendapatkan kamera 48MP, prosesor Snapdragon 720G, dan fitur-fitur fotografi maupun videografi terkini.

Hanya ada satu konfigurasi, OPPO Reno4 memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Untuk warna, di Indonesia perangkat tersedia dalam dua pilihan, yakni Space Black dan Galactic Blue.

Bagi masyarakat yang ingin memilikinya, OPPO sudah membuka keran pre-order Reno4 mulai 6 Agustus 2020 sampai dengan 14 Agustus 2020. Penjualan perdana akan berlangsung pada 15 Agustus mendatang.

Bagi pembeli yang memesan OPPO Reno selama masa pre-order ini akan mendapatkan bonus berupa smart bracelet, headset Bluetooth, dan smartphone standing holder senilai Rp1 juta, ditambah paket Telkomsel TAU hingga 30GB.

Sebelum memulai ulasan, berikut kami jabarkan spesifikasi lengkap OPPO Reno4 versi Indonesia:

Dimensions & Weight Dimension: 160.3mm×73.9mm×7.7mm

Weight: 165g

Display 6.4” AMOLED screen,

Dual Punch-hole Display

screen ratio: 20:9; resolution FHD+: 2400 x 1080; PPI: 409

Protection Front: Corning® Gorilla® Glass 5

Back: Corning® Gorilla® Glass 3

Platform Qualcomm Snapdragon 720G SoC, 2,3Ghz, 8nm Fabrication
RAM 8GB LPDDR4x
Storage 128GB (can be extended an extra 256GB with MicroSD card).
Network 4G, VoLTE supported
SIM Card Dual Nano SIM Card
Flash Charging 30W VOOC 4.0

4015mAh (Full in 57 minutes)

Fingerprint Sensor Hidden Fingerprint Unlock 3.0
Rear Camera ·       48MP High-Definition Main Camera, 1/2″ Sensor, F1.7

·       8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4″ Sensor, F2.2

·       2MP Macro Camera, 1/5″ Sensor, F2.4

·       2MP Mono Camera, 1/5″ Sensor, F2.4

Front Camera ·       32MP Single Camera, 1/2.74″ Sensor, F2.4
Front AON Smart Sensor Feature

 

·       Smart Spying Prevention

·       Smart Air Control

·       Smart Always on Display

Rear Camera Feature Ultra Steady Video 3.0

AI Color Potrait Mode

Monochrome Video

Slow Motion: [email protected], [email protected], [email protected], and [email protected]

Front Camera Feature Ultra Steady Video

AI Color Potrait Mode

Slow Motion: [email protected] and [email protected]

Front Ultra Steady Video: work with most filters at [email protected] and [email protected], and with bokeh and beautification at [email protected]

Operating System ColorOS 7.2, Based on Android 10
OS Feature ·       Super Power Saving Mode

·       Super Night Time Standby

·       Icon Pull Down gesture

·       Quick Return Bubble

·       Gravity Wallpaper

·       OPPO LAB

Colors Space Black/Galactic Blue
Price Rp4.999.000

 

Perlu diketahui, OPPO Reno4 versi Indonesia berbeda dengan versi OPPO Reno4 yang edar di Cina, atau pun di negara lain. Perangkat Reno4 di Cina sudah mendukung jaringan 5G sementara di Indonesia, teknologi komunikasi generasi kelima itu belum kunjung tiba. Maka wajar bila Reno4 yang edar di tanah air tidak mempunyai kemampuan 5G.

Boks Penjualan

Dalam paket penjualan OPPO Reno4, konsumen akan mendapatkan sejumlah aksesoris langsung di dalam boks. Mulai dari handphone-nya itu sendiri, charger 30W, kabel data USB Type C, earset, pin ejector, dan jelly case bening.

Dengan begitu, mudah diketahui kalau OPPO Reno4 sudah mendukung pengisian cepat VOOC Flash Charge 4.0 dengan kecepatan daya 30W, kemudian port pengisian daya melalui USB-C, dan masih menyediakan jack audio 3,5mm.

Smartphone menampilkan layar 6.4 inci AMOLED screen, Dual Punch-hole Display, screen ratio: 20:9 dengan resolution FHD+ (2400×1080 piksel) dan kerapatan 409ppi. Baik bagian depan dan belakang, sudah terlindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 (depan) dan Gorilla Glass 3 (belakang).

Desain Ramping

Serupa dengan smartphone OPPO pada umumnya, Reno4 tampil ramping, stylish, dan gaya. Dengan mengoptimalkan desain produk meminimalkan dimensi dan bobot perangkat (berat 165g dan ketebalan 7.7mm), Reno4 sangat ergonomis saat digenggam. Bagian penampang belakang Reno4 diperkuat dengan menggunakan lembaran baja yang tahan panas dan menjadikan bodi lebih tipis 0,15mm. Reno4 juga menggunakan Hidden Fingerprint Unlock 3.0 di dalam layer.

Di bagian bawah berkumpul semua ornamen seperti speaker stereo, port USB-C, jack audio 3,5mm, dan mikrofon. Sedangkan tombol Power berada di sayap kanan, berseberangan dengan volume rocker yang sejajar dengan SIM tray isi tiga (2 nano SIM + 1 MIcroSD).

Membalik telepon, Reno4 memiliki Quad-Cam dengan frame kamera yang sedikit timbul di bagian belakang. Di bodi bagian belakang sisi kiri atas bagian, sebuah bingkai persegi panjang mengakomodasi keempat kamera belakang yang hadir dengan warna mengilap. Penampang bagian belakang perangkat ini diperkuat dengan kaca Corning Gorilla Glass 3.

Balik ke bagian muka, sekilas tampak kamera selfie ganda, tetapi Reno4 hanya punya satu kamera depan, sedangkan satunya lagi adalah sensor AON Smart Sensor.

Duo Warna

Di Indonesia Reno4 memiliki dua pilihan warna. Pertama ada Space Black, yang tampak seperti ruang misterius dengan bintik-bintik terang. Meskipun penampang belakang memiliki warna gelap, tetap akan terlihat mengilap ketika terkena efek cahaya. Pada bagian bawah, terdapat monogram logo OPPO, yang terkesan elegan dan bergaya.

Galactic Blue merupakan warna unik pada Reno4 dengan teknik “Reno Glow”. Teknik baru “Reno Glow” yang diperkenalkan pada Reno4 Series memberikan sentuhan akhir berupa tekstur matte, dengan detail kilauan sangat halus yang menyajikan nuansa lebih premium. Penampang ini terdiri dari banyak lapisan dengan warna campuran biru. Warna biru tua terpancar dari tengah ke atas, menghasilkan warna perak dengan transisi alami.

Galactic Blue juga menghadirkan penampang belakang dengan tekstur premium, campuran bahan bertekstur matte dan gloss yang unik dikombinasikan dengan efek pembiasan cahaya nan memesona.

VOOC Flash Charge

VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V/6A 30W, yang dapat mengisi daya baterai 4015mAh hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit.

AI Quad Camera

Kamera belakang OPPO Reno4 terdiri dari empat kamera, dimana yang utama adalah 48MP High-Definition Main Camera, 1/2″ Sensor, F1.7, kemudian ada 8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4″ Sensor, F2.2, ditambah 2MP Macro Camera, 1/5″ Sensor, F2.4, dan terakhir 2MP Mono Camera, 1/5″ Sensor, F2.4. Kamera depan tunggal berresolusi 32MP Single Camera, 1/2.74″ Sensor, F2.4.

Fitur kamera pada Reno4 mendapat segudang penambahan. Mulai dari Ultra Steady Video 3.0, Ultra Dark Mode, Ultra 108MP Clear Image, AI Color Potrait Mode, Monochrome Video, dan Slow Motion.

Pada kamera depan juga dilengkapi fitur Ultra Steady Video, Ultra Night Selfie, AI Color Potrait Mode, Slow Motion. Tidak lupa, kamera depan juga dibekali Ultra Steady Video dengan tambahan bokeh and beautification.

Jika Anda termasuk pengguna baru smartphone OPPO, mungkin belum familiar dengan fitur kamera di atas. Berikut kami jabarkan masing-masing fitur kamera di atas.

AI Color Portrait Mode

Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode merupakan fitur baru yang mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek manusia dalam warna yang sebenarnya. Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras sehingga membuat hasil foto terlihat seperti sebuah karya seni yang akan menjadi tren di kalangan anak muda. Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk perekaman video.

Monochrome Video

Monochrome Video atau video monokrom merupakan gabungan dari tiga jenis filter video yang menambahkan efek yang menyerupai film layar lebar dengan hanya mempertahankan warna merah, hijau, atau biru dari objek di dalam video, sementara lingkungan yang lain dalam video hanya memiliki warna hitam dan putih. Fitur di atas juga mendukung real-time preview agar pengguna mengetahui tampilan hasil rekaman terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil gambar.

Night Flare Portrait

Night Flare Portrait didukung oleh algoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. Efek ini akan terlihat hasilnya ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah.

960fps Smart Slow Motion

Dengan 960fps Smart Slow Motion, Anda akan dapat menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap bidikan gerak lambat di tengah-tengah sebuah video aksi, baik saat Anda menangkap ekspresi mikro sepersekian detik, atau saat Anda memercikkan air atau bubuk berwarna. Reno4 juga dapat mengambil video gerakan lambat dalam 480fps @ 1080P, 240fps @ 720P, dan 120fps @ 1080P di kamera belakang. Reno4 juga memungkinkan pengguna untuk mengambil video gerak lambat dalam 240fps @ 720P dan 120fps @ 1080P dengan kamera depannya.

Ultra Steady Video 3.0

Pada perangkat Reno4, Mode Ultra Steady akan melakukan debut pada kamera depan untuk pertama kalinya. Kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization. Front Ultra Steady Video dapat bekerja dengan sebagian besar filter pada 30fps @ 720P dan 30fps @ 1080P, dan dengan bokeh dan fitur percantik video di 30fps @ 720P. Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk menangkap video yang stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi. Selain itu, kamera belakang Reno4 dilengkapi Video Ultra Steady dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda.

Ultra Night Selfie Mode

Didukung oleh kamera depan 32MP, Reno4 menawarkan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto selfie malam hari dengan mencerahkan lingkungan kurang cahaya dan objek foto, terutama pada wajah.

Ultra Dark Mode

Fitur Ultra Dark Mode dapat bekerja secara otomatis ketika mengambil foto pada lingkungan temaram dengan kamera belakang Reno4. Kamera secara otomatis menerangi lingkungan yang gelap sehingga foto menjadi lebih cerah dan jelas, walaupun hanya ada 1 lux cahaya atau setara 1 buah lilin yang menyala dalam sebuah ruangan gelap.

Ultra Clear 180MP Image

Reno4 dapat mengambil foto yang sangat jernih hingga 108MP pada siang hari dengan algoritma resolusi tinggi yang menonjolkan gambar dengan kejelasan tingkat retina untuk menangkap detail dan tekstur yang kaya, seperti saat memotret bidikan close-up dari sebuah makanan yang lezat.

SoLoop

Tersedia dalam ColorOS 7.2, editor video pintar yang dibuat khusus untuk smartphone OPPO, SoLoop, menawarkan lebih banyak fitur menarik yang telah diperbarui untuk mempermudah pengguna dalam membuat video hanya dengan satu ketukan. SoLoop menawarkan editor musik yang dapat secara otomatis memotong rekaman dan menyinkronkannya dengan perubahan melodi musik. SoLoop menggunakan algoritma AI untuk secara cerdas memilih bagian paling menarik dari sebuah potongan video.

Performa

Di bagian dalam, Reno4 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G SoC yang dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor.

Dibandingkan dengan MTK P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sementara itu, kinerja GPU meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

Untuk memori RAM, perangkat dibekali RAM 8GB LPDDR4x dengan storage 128GB yang bisa diekspan hingga 256GB melalui kartu MicroSD.

ColorOS 7.2

Sistem Operasi gubahan OPPO sendiri, ColorOS, kini sudah mencapai versi 7.2. Update software kali in I lebih menitik beratkan pada kecerdasan buatan. Reno4 menjadi satu-satunya smartphone OPPO yang mengadopsi ColorOS 7.2, setidaknya untuk saat ini.

Berbasis Android 10, beragam fitur baru dihadirkan dalam ColorOS 7.2, mulai dari Super Power Saving Mode, Super Night Time Standby, Icon Pull Down gesture, Quick Return Bubble, Gravity Wallpaper, dan OPPO LAB.

Tidak lupa, ColorOS juga hadir dengan mendukung fitur unik Dark Mode, terutama untuk beberapa aplikasi pihak ketiga yang belum mendapatkan dukungan fitur ini.

Fitur-fitur lain yang tersemat pada ColorOS 7.2 dalam menu AON Smart Sensor antara lain Smart Spying Prevention, Smart Air Control, Smart Always on Display. Berikut ringkasan fitur-fitur tersebut.

AON Smart Sensor

OPPO memutuskan untuk menerapkan AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention, yang dibangun dengan memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Sensor tidak hanya dapat digunakan dalam perlindungan privasi, tetapi juga dapat memperluas fungsi pada fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Smart Spying Prevention

Ketika Reno4 menerima pesan, sensor pintar yang telah disempurnakan dengan fungsi kecerdasan buatan pada ponsel dapat mengidentifikasi hanya pemilik ponsel yang boleh membuka layar. Jika tidak, konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna. Untuk lebih spesifik, algoritma pencegahan privasi ini dibangun selaras dengan perangkat keras berupa sebuah sensor yang canggih. Sensor ini akan secara otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala.

  • Jika hanya 1 (satu) wajah yang terdeteksi, maka kamera utama akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya sendiri; jika ya, maka akan ditampilkan seluruh pesan.
  • Jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap ditampilkan tetapi konten tidak akan ditampilkan.

Smart Air Control

Reno4 merupakan ponsel OPPO pertama yang menghadirkan full-screen gestures ke lini seri ini. Smart AirControl memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Dengan fitur ini pengguna dapat menggulirkan halaman layar baik ke arah atas dan ke bawah halaman pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar, yang sangat berguna pada situasi pandemi seperti saat ini guna mengurangi intrensitas bersentuhan dengan layar.

Smart Always On Display

OPPO menerapkan fungsi yang akan meningkatkan pengalaman pengguna, seperti “Smart Always On Display”. Fitur ini dapat mengidentifikasi wajah pengguna yang terus-menerus mengamati layar perangkat, sehingga layar tidak akan mati. Fitur ini membuat Reno4 lebih cerdas dan memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Pada tingkat perangkat lunak, algoritma pencerahan khusus akan membuat sensor bekerja lebih baik pada cahaya rendah. Bahkan ketika tingkat pencahayaan lebih rendah dari 1 lux, Smart Sensor dengan penyempurnaan kecerdasan buatan dapat berfungsi sangat baik.

Selain AON Smart Sensor, ColorOS 7.2 juga membawa sejumlah fitur baru yang juga tidak kalah bermanfaat, di antaranya:

  • AI APP Preloading
    Melalui algoritma AI, ColorOS secara cerdas memprediksi aplikasi apa yang akan digunakan pengguna kemudian memuatnya, sehingga dapat terbuka lebih cepat. Dengan AI APP Preloading, semakin lama pengguna menggunakan perangkat, semakin cepat kecerdasan buatan dalam mempelajari kebiasaan pengguna. Dengan AI APP Preloading, aplikasi terbuka lebih cepat dari sebelumnya yang sangat meningkatkan efisiensi. Selain itu, AI APP Preloading memiliki konsumsi baterai Nol, pengguna akan mendapatkan ponsel yang lebih cepat tanpa konsumsi baterai tambahan.
  • Anti-Fragmentation Engine
    Dikembangkan secara independen oleh OPPO, Anti-Fragmentation Engine menggunakan kombinasi langkah-langkah untuk mengoptimalkan fragmentasi memori fisik dan virtual. Memastikan pengalaman system operasi yang mulus tanpa jeda, bahkan setelah menggunakannya dalam waktu yang lama.
  • Super Power Saving Mode
    Fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Ada 6 (enam) aplikasi yang dapat ditampilkan pada layar Beranda dalam Super Power Saving Mode. Aplikasi Telepon, Pesan, dan Jam akan disertakan secara default, tetapi Anda dapat menggantinya dengan aplikasi lain. Ketika baterai ponsel Anda turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.
  • Super Night Time Standby
    Dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.
  • Icon Pull Down Gesture
    Solusi terbaik di industri untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan. Ketika Anda menggeser ke arah atas atas, di bagian tepi kiri atau kanan layar Beranda, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut. Selanjutnya dengan posisi ibu jari tetap berada di layar, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi dan melepaskannya untuk membuka aplikasi.
  • Quick Return Bubble
    Merupakan gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Misalnya, ketika pengguna menunggu untuk respawn (aksi pemain yang hidup kembali setelah terbunuh) dalam game, mereka dapat beralih ke layar lain sambil masih dapat melihat waktu respawn dalam gelembung. Ketika pengguna ingin melakukan respawn, maka mereka dapat mengetuk gelembung untuk kembali ke permainan. Game yang didukung saat ini: Mobile Legends, Mobile PUBG, Mobile Lite PUBG di India, Indonesia, Vietnam dan Thailand, AOV di Indonesia, Vietnam, Thailand.
  • Gravity Wallpaper
    Wallpaper di layar Beranda dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat. Wallpaper dapat bergerak seolah-olah ditarik oleh gravitasi.
  • OPPO LAB
    OPPO LAB adalah sebuah platform yang mana para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif bersama. Pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik pada fitur tertentu atau membagikannya ke dengan pengguna lain.
  • Decision Spinner
    Merupakan aplikasi yang membantu untuk membuat keputusan dengan putaran roda. Spinner ini dilengkapi dengan berbagai pertanyaan seperti “Apa yang kita makan hari ini?” dan “Kemana kita pergi akhir pekan ini?” tentu saja, pengguna selalu dapat membuat sendiri pertanyaan, disertai dengan opsi jawaban.
  • Lab Ringtone
    Dibuat dengan menyesuaikan gaya, nada, dan ritme pada panel slide yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat membuat nada deringnya sendiri. Nada dering unik yang dibuat dapat digunakan untuk panggilan, disimpan ke telepon, atau dibagikan melalui platform media sosial.

Spesifikasi Oppo Reno4

Harga

OPPO Reno4 hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Space Black dan Galactic Blue. Proses pemesanan perangkat ini berlangsung mulai 6 hingga 14 Agustus 2020. Konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan hadiah langsung berupa smart bracelet, Bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai Rp1 juta.

Selain itu konsumen juga akan mendapatkan bonus kuota Telkomsel TAU hingga 30GB. OPPO Reno4 akan dijual perdana pada 15 Agustus 2020 dengan harga Rp4.999.000.



kupakai.com