Review Oppo Watch Indonesia: Smartwatch dengan WearOS

Review Oppo Watch Indonesia: Smartwatch dengan WearOS


Jakarta, Selular.ID – Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Oppo, menghadirkan perangkat IoT terbarunya di Indonesia, Oppo Watch. Setelah sebelumnya menghadirkan perangkat teknologi lainnya seperti earbud dengan Enco Series beberapa waktu lalu.

Oppo Watch telah resmi diperkenalkan pada 7 Agustus 2020 berbarengan dengan Oppo Reno4. Arloji pintar ini memiliki dua pilihan ukuran, 41mm dan 46mm. Variasi warna yang dapat pengguna pilih antara lain: Black dan Rose Gold.

Redaksi Selular.ID berkesempatan untuk mencicipi perangkat Oppo Watch varian 41mm selama hampir dua minggu. Apa saja keunggulannya? Simak selengkapnya!

Review Oppo Watch: Desain dan Tampilan

  • Layar: AMOLED 1,91 / 1,6 inci
  • 402 x 476 / 320 x 360 piksel
  • 326ppi / 301ppi
  • Ukuran casing: 46mm / 41mm

Tampilan layar yang mengesankan bertema Fexible Dual-Curved Display, menjadikan Oppo Watch sebagai yang pertama menggunakan layar melengkung di industri smartwatch. Memiliki panel AMOLED dengan resolusi 320 x 360 piksel (41mm) dan 402 x 476 piksel (46mm), yang dibingkai dengan aluminium 6000 series.

Baca juga: Unboxing Smartwatch Pertama OPPO di Indonesia

Panel AMOLED memiliki resolusi tinggi yang membuatnya sangat terang, yang berarti visibilitas di luar ruangan tidak akan menjadi masalah. Selain itu, Oppo juga membekali dengan Ambient Light Sensor, dimana fitur ini berfungsi untuk menyesuaikan terang atau gelap sesuai dengan intensitas cahaya disekitar.

Pada bagian samping, terdapat dua tombol, salah satu tombol dapat diprogram. Tombol tersebut memiliki aksen hijau zambrud yang menambah kesan visual. Selain tombol, di sisi kiri terdapat speaker untuk melakukan panggilan atau untuk berinteraksi dengan Google Assistant.

Oppo Watch hadir dengan desain yang sederhana – sebagaimana perangkat arloji pintar lainnya. Namun, untuk penggunaan dalam waktu yang lama, perangkat ini sangat nyaman dan tidak menganggu pergerakan lengan tangan. Ini berkat tali yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, yaitu fluoro-rubber.

Review Oppo Watch: Kinerja

oppo watch 1

  • Qualcomm Snapdragon Wear 3100 SoC
  • 1GB RAM / penyimpanan 8GB
  • 430mAh / 300mAh
  • GPS
  • Sensor detak jantung
  • NFC
  • 46mm – 5ATM; 41mm – 3ATM
  • Bluetooth / Wi-Fi

Oppo Watch dibekali dengan chipset Snapdragon Wear 3100 yang dipadukan dengan 1GB RAM dan 8GB penyimpanan internal. Perangkat ini memang tidak membawa chipset Snapdragon 4100 terbaru, tetapi, Oppo telah melakukan peningkatan serta menyempurnakan kinerja dari chipset tersebut.

Untuk mendukung aktivitas perangkat, Oppo menanamkan baterai berkapasitas 430mAh (46mm) dan 300mAh (41mm). Daya tahan baterai varian 41mm dapat bertahan selama kurang lebih 18 jam dengan beban kerja yang ringan.

Baca jugaOppo Reno4 Pro Segera Mendarat di Indonesia

Ketika tiba saatnya untuk mengisi ulang baterai, dukungan teknologi  VOOC sangat berguna untuk mempercepat pengisian. Hanya butuh waktu 35 menit, baterai sudah terisi 85% dari 0. Sementara untuk pengisian hingga 100%, membutuhkan waktu 50 menit.

Arloji pintar ini pun memiliki mode hemat daya, yang sangat berguna jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Dalam mode ini, perangkat akan menonaktifkan Wear OS, sebagai gantinya, Anda disajikan tampilan jam yang “belum sempurna” dengan beberapa fungsi kebugaran. Mode ini masih memungkinkan Anda menerima pemberitahuan pesan, memeriksa waktu, melacak langkah dan detak jantung.

Fitur Kebugaran

Fitur kebugaran adalah salah satu aspek yang dapat ditangani baik oleh Oppo Watch. Sebagai permulaan, ia memiliki monitor detak jantung di bagian belakang yang secara teratur memeriksa denyut nadi Anda dan melacaknya. Ini juga dapat mengingatkan Anda tentang bacaan yang tidak biasa atau tinggi. GPS juga tersedia untuk melacak aktivitas atau siklus Anda.

Oppo Watch menggunakan WearOS besutan Google sebagai sistem operasinya, dimana pastinya perangkat ini dapat menggunakan aplikasi Google Fit.

Google Fit menghadirkan hampir seratus pilihan pelacakan kebugaran, dan bahkan olahraga. Ini termasuk beberapa olahraga air. Selain pilihan olahraga, Oppo Watch juga dapat melacak aktivitas tidur pengguna.

Harga OPPO Watch

Di Indonesia, smartwatch pertama OPPO tersedia dalam dua warna: Black dan Rose Gold, dan dijual seharga Rp4.499.000 untuk ukuran 46mm, sementara ukuran 41mm dijajakan seharga Rp3.499.000.



kupakai.com