Seagate Hadirkan Sistem Penyimpanan Arsitektur Data Modular

Seagate Hadirkan Sistem Penyimpanan Arsitektur Data Modular


Jakarta, Selular.ID – Seagate mengumumkan peluncuran Sistem Exos dan Nytro di Indonesia. Melalui peluncuran ini, Seagate memperkenalkan pendekatan modular revolusioner untuk membangun dan menerapkan sistem penyimpanan yang memenuhi kebutuhan penyedia Komputasi Awan (Cloud) publik dan swasta, penyedia layanan, serta pusat data tradisional secara spesifik.

Datasphere global, atau lingkup penyimpanan data secara global, diproyeksikan akan tumbuh hingga 175 zettabyte pada tahun 20251. Pelaku bisnis pun harus menghadapi tantangan dari meningkatnya kebutuhan penyimpanan dan pemrosesan data akibat pesatnya pertumbuhan sumber data maupun volume data.

Untuk mengatasi kompleksitas ini dan memastikan kelanjutan pengolahan data di tengah kondisi IT 4.0 seperti sekarang, dibutuhkan arsitektur multi-tier yang menghubungkan Cloud, Edge, Internet of Things (IoT), serta pusat data enterprise tradisional.

Desain sistem Exos dan Nytro milik Seagate menghadirkan fleksibilitas modular yang menggabungkan hard disk drive Exos dan Nytro pilihan milik Seagate dalam satu kerangka atau enclosure.

Dengan demikian, perancang atau arsitek IT dan juga pengelola pusat data bisa dengan mudah membangun arsitektur serba guna yang dirancang untuk berkembang. Seluruh komponen pada sistem ini, termasuk enclosure, controller, firmware, serta drive, dirancang oleh Seagate untuk bekerja mulus satu sama lain.

Selain itu, komponen pentingnya pun mudah diganti atau interchangable terlepas dari seberapa besar yang dibutuhkan pelaku bisnis maupun ketersediaan anggaran untuk penyelenggaraannya.

“Kami senang dapat memperkenalkan sistem Exos dan Nytro di Indonesia untuk melayani pasar IT 4.0 yang sedang berkembang, serta pelanggan Cloud dan pusat data tradisional,” ungkap Angeline Gan, Head of ASEAN Sales at Seagate.

“Besar harapan kami para pelanggan dan mitra kami bisa menggunakan teknologi ini untuk memberdayakan bisnis mereka. Melalui produk-produk modular yang memberikan banyak manfaat dan kegunaan, para pelanggan dapat menikmati pengalaman pengguna yang lebih sederhana sambil memenuhi kebutuhan bisnis mereka yang beragam.”

Sistem Exos Seagate

Sistem penyimpanan Exos Seagate menyediakan pusat data terbesar pada datasphere. Dengan menggabungkan hard drive perusahaan Exos yang terkemuka dan berkapasitas tinggi dengan enclosure yang dapat digunakan hingga 106 perangkat, sistem penyimpanan ini dapat memberikan intelijen bisnis hingga 1.7 PB (petabyte) hanya dalam ruang rak 4U.

Hal ini memberikan kapasitas dan kepadatan pertama yang unggul dalam industri ini tanpa mengurangi kecepatan akses data. Dengan kapasitas bandwidth maksimum sebesar 36GB/menit, para pengguna dapat mengakses data dan arsip penting bisnis mereka secara cepat.

Enclosure ini cocok untuk memenuhi persyaratan retensi data tinggi yang diperkirakan akan terus berkembang. Penempatan drive yang inovatif pada sistem penyimpanan ini juga memaksimalkan aliran udara dan mengurangi konsumsi daya yang ada.

Selain itu, sistem penyimpanan menawarkan total biaya kepemilikan atau TCO yang rendah berkat keunikan fitur kinerja, efisiensi dan skalabilitasnya. Modular baru pada sistem ini, berikut desain yang berfokus pada pengguna, meminimalkan waktu henti sistem atau downtime, dan dilengkapi dengan operator drive tanpa perkakas tambahan yang memungkinkan administrator untuk memasukan drive pada 106 bays dalam hitungan menit.

Sistem Nytro Seagate

Sistem all-flash dan flash-intensive Nytro Seagate menawarkan fleksibilitas modular yang menggabungkan flash drive Nytro Seagate dalam enclosure yang dapat menampung hingga 24 drive.

Memberikan kecepatan hingga 12GB/menit dan hasil maksimum yang efektif pada 14.4GB/menit per I/O modul atau 28,8GB/menit pada konfigurasi dual controller, sistem ini dioptimalkan untuk mendukung platform kinerja tertinggi pada datasphere untuk IOPS maksimum namun dengan biaya yang rendah.

Sistem Nytro Seagate cocok untuk lingkungan berkapasitas tinggi dengan ketergantungan besar pada transaksi dengan tuntutan persyaratan Perjanjian Tingkat Layanan atau Service Level Agreement (SLA) lebih ketat serta respons yang lebih cepat untuk ketersediaan data yang optimal.



kupakai.com