Telkomsel Sabet The Best Social Contribution di SA 2020

Telkomsel Sabet The Best Social Contribution di SA 2020


Jakarta, Selular.ID – Selular Award tahun ini memang cukup istimewa, selain diadakan secara virtual, Selular Award pun hadir dengan beberapa kategori baru, salah satunya adalah The Best Social Contribution.

Kategori ini melihat dengan berbagai pertimbangan selama setahun ini, terhitung Juli 2019 hingga Mei 2020, bagaimana perusahaan berkontribusi untuk kegiataan sosial. Seperti pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dan untuk kategori ini, Telkomsel dinilai memenuhi poin-poin untuk The Best Social Contribution. Telkomsel menghadirkan paket data khusus untuk para tenaga medis di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR) terbaru perusahaan. Inisiatif ini juga menjadi upaya Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju memperkuat perannya dalam membantu masyarakat melewati masa-masa sulit akibat dari pandemi Covid-19.

Inisiatif khusus dari Telkomsel yang diperuntukkan bagi para relawan ini merupakan paket khusus berisi kuota sebesar 25 GB dengan masa aktif selama 30 hari senilai Rp. 10,-. Telkomsel memastikan program Ini hanya dapat dinikmati oleh para relawan dan tenaga medis yang telah terdaftar melalui sistem whitelist. Telkomsel berharap inisiatif ini mampu menjangkau sekitar 10.000 relawan yang secara khusus dialokasikan ke 249 titik Rumah Sakit di seluruh penjuru negeri selama program ini berjalan tiga bulan ke depan.

Telkomsel menyediakan paket khusus kuota sebesar 30GB serta gratis akses ke ratusan situs e-learning Perguruan Tinggi serta situs e-learning yang dikelola Kemendikbud RI.

Telkomsel juga telah memberikan donasi lebih dari 100.000 unit alat medis senilai lebih dari Rp 25 Miliar yang meliputi ventilator, thermogun infrared, masker, dan alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat. Bantuan tersebut telah disalurkan secara langsung kepada beberapa Rumah Sakit Darurat (RSD) dan rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, serta melalui pihak ketiga seperti Yayasan BUMN.

Dalam berkontribusi positif untuk negeri. Telkomsel juga berfokus pada pengembangan talenta digital muda dalam negeri agar menjadi sumber daya unggul yang memiliki daya saing. Telkomsel menyelenggarakan IBAM. IBAM menjadi tempat yang tepat bagi generasi muda untuk menyalurkan minatnya dan bertukar pikiran dengan orang lain yang memiliki spirit yang sama.

Pada perhelatan IBAM, Telkomsel menghadirkan showcase program The NextDev Hub dan Digital Creative Millenials (DCM) yang merupakan bagian kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel, yang terkait dengan segmen anak muda dalam mengembangkan kapasitasnya melalui pemanfaatan solusi berbasis teknologi digital. Pada showcase The NextDev Hub, Telkomsel menggandeng pengembang aplikasi “Cakap” sebagai salah satu lulusan The NextDev 2018, yang aktif membantu generasi muda produktif di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) untuk memperoleh keterampilan bahasa asing. Pengunjun IBAM dapat melakukan konsultasi bisnis dan latihan pitching serta mendaftarkan startup yang didirikannya untuk program The NextDev Talent Scouting 2020.

Oppo sebagai nominasi The Best Social Contribution pun cukup diperhitungkan, aksi sosial yang dilakukan Oppo pun cukup beragam. Oppo memberikan kontribusi nyata melalui penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di Indonesia yang diserahkan kepada RSPAD, BNPB dan Kepolisian Metro Jakarta Selatan.

Oppo juga berhasil menggalang dana sebanyak Rp1 miliar yang akan digunakan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pengelolaan museum di Jakarta, ini dilakukan Oppo pada Agustus 2019.Penggalangan dana ini termasuk pelelangan tiga unit Oppo Reno 10x Zoom Signature Edition dan tiga unit Limited Edition hasil kolaborasi dengan tiga seniman Indonesia, yaitu Darbotz, Arkiv Vilmansa, dan Ronald Apriyan.

Sementara Yayasan Mitra Museum Jakarta (YMMJ) bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan museum-museum di Indonesia. YMMJ memiliki harapan bahwa museum-museum di Indonesia dapat menjadi sarana edukatif dan tempat rekreasi yang memberikan pengalaman positif bagi para pengunjungnya.

Nominasi berikutnya adalah Shopee, untuk aksi sosial, Shopee terlibat di ASEAN Online Sale Day, hal ini merupakan upaya dalam mendukung pertumbuhan ekspor nasional, khususnya di tengah situasi pandemi covid-19, dengan andil dalam kegiatan Cross-Border belanja online terhadap berbagai produk dari brand yang terdapat di aplikasi Shopee sejak 27 Juli hingga 10 Agustus 2020. Hadirnya ASEAN Online Sale Day (ASOD) 2020 di aplikasi Shopee ini juga diinisiasi sebagai wadah bagi para pelaku usaha dan UMKM untuk memasarkan produk-produk lokal unggulan tidak hanya ke pasar domestik, tapi juga mancanegara, melanjutkan upaya Shopee atas program ekspor yang sudah dijalankan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina dari tahun 2019 untuk para UMKM terkurasi binaan Shopee Indonesia.

ShopeePay turut mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia melalui penerapan transaksi digital tidak hanya secara online melalui aplikasi Shopee, melainkan juga offline, guna mendukung pemulihan atas keberlangsungan bisnis UMKM di Indonesia, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Tidak hanya itu, peran dan fungsi perusahaan berbasis teknologi juga penting untuk disinergikan dengan instansi pendukung, agar turut memberdayakan dan mendorong bisnis UMKM secara digital. Tidak hanya melalui proses digitalisasi, ShopeePay juga mendorong bisnis UMKM Indonesia melalui berbagai penawaran menarik yang dapat dinikmati oleh pengguna ShopeePay di seluruh Indonesia.

Xiaomi, sebagai nominasi juga menunjukan aksi sosialnya, hal ini dilakukan Xiaomi dalam pencegahan pandemi Covid-19. Xiaomi menyerahkan donasi senilai Rp1 Miliar untuk membantu keluarga prasejahtera yang masih membutuhkan bantuan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu sumber donasinya adalah sebagian hasil penjualan promo bulan Ramadhan #Bulan1000Kejutan yang berakhir tanggal 31 Mei 2020. Bekerja sama dengan Rumah Zakat, donasi dari Xiaomi digunakan untuk mewujudkan paket bantuan untuk keluarga prasejahtera, terhimpun dalam program Siaga Pangan yang didistribusikan secara nasional, dan sebagian lagi disalurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui inisiatif Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

Sementara Tiktok yang masuk sebagai nominasi pun turut beraprtisipasi dalam aksi sosial Selain meluncurkan platform self-serve, TikTok juga melanjutkan komitmennya untuk mendukung pelaku UKM di masa COVID-19 dengan meluncurkan program “Back-to-Business” di berbagai negara di dunia. Melalui program ini, para pelaku usaha akan memiliki kesempatan untuk beriklan di TikTok dengan kredit sebesar US$300 atau setara Rp4,2 juta, untuk digunakan hingga 31 Desember, 2020.



kupakai.com